Friday, August 29, 2008

Melestarikan Tradisi

Setiap menjelang bulan Ramadhan, ada dua hal yang biasanya selalu dilakukan masyarakat kita, dimanapun berada (nggak tau lagi kalo yang jadi TKI diluar neger hehehehe!). Yang pertama adalah sambang kuburan alias nyekar atau ziarah. Seminggu terakhir ini, sekeliling tempat tinggal mertua saya di kawasan Sidosermo, terutama yang ada makamnya tentu, rame dengan mereka yang akan nyekar keluarganya, begitu juga di makam-makam lain.

Saya sendiri sebelumnya bersama orangtua yang jauh-jauh datang dari Jakarta, yaa menyempatkan diri nyekar ke makam Mbah Kakung dan empat orang adik Mbah Putri saya, yang sudah duluan berpulang, sementara Mbah Putri saya masih dapet bonus hidup entah sampai berapa tahun lagi. Makam para mbah saya itu terletak di Kembang Kuning, karena kebetulan mereka semua beragama Nasrani. Tapi buat saya itu ndak masalah, yang penting saya ziarah juga sekaligus mengingatkan saya sendiri, tentang apa yang bakal saya hadapi, pasti bakal sama seperti yang sudah lebih dulu merasakan, yaitu mati.

Satu tradisi lagi yang biasanya juga selalu dilakukan masyarakat, yang kalau dulu kebanyakan dilakukan hanya pada saat Idul Fitri, sekarang sudah banyak yang melakukannya sebelum Ramadhan tiba. Yap! Itu adalah meminta maaf kepada siapa saja, terutama yang punya hubungan, entah hubungan darah, relasi, atau hubungan yang lain yang ternyata pernah ada masalah, kesandung sesuatu, dan lain-lain. Dan sayapun juga ndak ketinggalan, melalui forum ini, izinkan saya dan keluarga juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya dari lubuk hati yang terdalam, kalau memang ada kalimat-kalimat yang nyentilnya kebangetan sampai mungkin anda yang membaca bisa merah merona manja wajahnya, hehehe! Semoga di masa training Ramadhan, khususnya bagi umat Islam, yang menjalankan dengan sungguh-sungguh akan mendapat berkah kemenangan dan ampunan dosa dari Allah SWT. Dan semoga saya juga termasuk dikalangan orang-orang yang seperti itu. Amin ya rabbal alamin.

Buat yang beragama Islam, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga Kita Semua Bisa Menjadi Muslim Yang Taat Sebenar-benarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

No comments: