Sunday, May 11, 2008

Hobi

Apa hobi kalian? Membaca? Menulis? Jalan-jalan? Atau lainnya?

Apapun, hobi itu pasti yang paling disukai untuk dilakukan, dan pasti nggak ada matinya untuk terus dilakukan. Nah, kebetulan sejak kecil saya itu paling hobi sama yang namanya musik. Nggak cuma dengerin, bahkan sudah sampai pada taraf pemain, yang istilah kerennya musisi.

Dari umur 4 tahun, kalo cerita dari nenek saya, yang namanya organ alias keyboard yang portabel alias bisa dibawa kemana-mana, udah bisa saya mainkan dengan baik dan benar. Bahkan, karena kebetulan mbah saya itu lain keyakinan dengan saya, saya malah sering ngiringi mbah dan ibu saya menyanyi lagu gereja, terutama yang judulnya Malam Kudus itu. Pokoknya, anak keyboard banget.

Memang sih, yang namanya darah seni udah mengalir begitu saja dari kedua orangtua. Keluarga bapak saya dulu, langganan juara vokal grup di Jawa Barat. Giliran keluarga ibu saya, ternyata juga punya banyak prestasi di bidang musik. Ibu saya bahkan sering didhapuk untuk nyanyi, kalau di kantor dinas bapak lagi punya gawe.

Nah, begitu beranjak gede, yang namanya keyboard itu rupanya mulai tidak menarik buat saya. Entah kenapa, saya mulai jadi malas menyentuhnya lagi, biarpun kalau dimintain main juga insya Allah masih lumayan bisa. Perhatian saya mulai beralih ke gitar. Bukan kerennya yang saya kejar, termasuk juga saya nggak seperti anak-anak lain yang belajar gitar dengan sangat nggethu alias ngototnya, sampai-sampai meniru permainan maestro gitar dunia, lewat DVD bajakan atau asli, yang bisa dibelinya. Niat saya dulu belajar gitar, karena ya tertarik aja sih waktu itu. Pengen bisa main, yaa minimal kayak Billie Joe Armstrongnya Green Day lah, yang biarpun cuma bisa kord 3 jurus (C,G,F) tapi bisa bikin lagu-lagu yang handal dan sukses.

Begitu udah mulai bisa genjrang-genjreng, dengan bantuan bapak saya dulu yang bikinin posisi-posisi jarinya, saya mulai mengembangkan diri sendiri. Nyoba nyari temen-temen yang memang pinter main gitar, supaya ilmu saya nggak cuma 3 jurus itu, tapi bisa jurus-jurus lainnya. Pas SMA, saya kebetulan mulai punya band yang bawain lagu-lagunya Whizzkid, dan sudah mulai kenal lagu-lagunya Helloween, biarpun waktu itu yang dibawain cuma A Tale That Wasn't Right melulu. Pas tau ada temen lain kelas, yang juga sama-sama punya band di sekolah, dan ternyata gitarannya sangat handal, saya mulai mendekatinya, dengan maksud belajar dikit-dikit. Eeh, ternyata si temen ini malah (sok) merendah, dengan mengatakan dia samasekali nggak bisa kalo disuruh ngajari. Penasaran, saya tanya ke temen-temen deketnya, eh ternyata jawaban yang diberikan rada beda. Kalo disuruh main trus kita pelototin, dia nggak bakal mau. Tapi coba deh tinggal aja sendirian, nanti pasti main-main sendiri.

Sebel karena nggak diajarin, muncul dendam dalam diri saya, bukan untuk ngamplengi dia, tapi untuk berusaha gimana caranya, saya kudu bisa bermain secepat jari-jarinya. Waktu itu temen saya udah bisa mainin lagu-lagunya Mr. Big seperti Green Tinted Sixties Mind yang ada tappingnya itu, belum lagi hi speed picking di lagu Daddy Brother Lover Little Boy. Wah, saya mati-matian belajar sendiri waktu itu. Pas lagi ada duit, biarpun pas-pasan, sempet juga belajar di Mayura, sekedar nyari tau teknik yang bener. Pas udah dapet, mulai deh pengembangan diri dimulai, sampai akhirnya alhamdulillah, biarpun belum sekelas Paul Gilbert, tapi kalo buat sekedar narik perhatian aja sih, alhamdulillah udah lumayan lah, hehehe!

Oke, itu sedikit perjalanan saya belajar gitar, sampai jadi seperti sekarang. Tapi ada satu hal yang pengen saya realisasikan, mengembangkan hobi ini sampai menjadi sesuatu yang menghasilkan, tentunya duitlah! Jadi biarpun mungkin bakal capek, tapi karena itu hobi, dan itu adalah aktivitas yang mendarah daging dalam hidup, jadinya nggak akan terasa. Tapi yaa gitu deh. Wong musisi papan atas Indonesia sendiri kadang-kadang ada yang bilang, jadi musisi itu perjuangan maha berat. Apalagi kalo misalnya sang musisi ini masih bujang dan akan menikahi gadis idamannya. Pertanyaan yang pasti jelas menohok dari sang camer adalah, "Kerjanya apa dik?"

MODAR SIA!!

Kalo jawabannya pemusik, bisa-bisa jodoh menjauh, karena biasanya sang camer pasti menyarankan anaknya untuk cari pendamping lain saja, yang pekerjaannya lebih jelas, dan terutama yang bayarannya ajeg alias rutin tiap bulan. Kalo musisi kan mesti rekaman dulu, belum lagi kalo rekamannya jeblok di pasaran. Ampun deh! Tentang ini, pernah ada pengakuan dari Dave Elefsonnya Megadeth, kalo mau jadi musisi terkenal, ada beberapa syarat, termasuk kudu rajin nginthili alias nempel terus kemana si artis itu manggung. Ibaratnya jadi kacungnya pun ndak masalah. Yang kedua, dan ini yang paling sulit, kudu punya pasangan yang setidaknya mau menanggung kehidupan kita, sampai kita jadi musisi besar. Lha nek ndak ngetop-ngetop, kapan balik modale rek?

Makanya, kadang-kadang kalo saya mau ngembangin hobi saya dibidang musik, saya jadi ngeper sendiri. Karena meskipun sekarang sudah mulai banyak event-event indie, tetap saja butuh perjuangan yang teramat sangat berat, karena kalo kita membawa idealisme kita yang dibangun sejak dulu, sementara pasar tidak menghendaki, yaa tamatlah oooohh riwayatnyaaa...!! Jalan paling gampang yaaa, nglamar dulu jadi pegawai, trus kumpulin duit buat main musik. Tapi kalo yang seperti itu, paling repot kalo pas jadwal manggung atau rekamannya benturan dengan jadwal kerja. Saya pernah diejek seorang staf senior waktu masih di SS. Katanya, kalo untuk kerja kok saya jalan setengah-setengah, tapi untuk ngeband kok asyik banget, sampe bela-belain bolos kerja. Padahal tu orang matanya juga ndak PICEK!! Ada selembar surat cuti yang memang nempel di papan pengumuman waktu itu. Perkara saya pake cuti itu untuk apa saja, itu sih terserah saya. Wong ada staf lain yang dengan mudahnya cuti mendadak, cuma gara-gara dulu dia temen sekolahnya Manajer On Air, ternyata cutinya dipake untuk ndije di sebuah klub, atau misalnya ada staf lain, yang ternyata cuti untuk ngemsi di sebuah acara. Karena jabatannya setara dengan manajer, yaa dapet deh! Padahal dulu jelas-jelas di surat kontrak disebutkan, DILARANG melakukan pekerjaan lain yang bisa mengganggu aktivitas pada pekerjaan inti. Tapi namanya cari duit, larangan tinggal larangan. Biarpun ngeband, saya sih jujur aja, tetap bersikap profesional. Ngeband ya ngeband, hobi ya hobi, dan sebisa mungkin jadwal manggung tidak berbenturan dengan jam kerja, atau jangan sampai mengorbankan pekerjaan.

Makanya, saya kadang-kadang bingung. Maunya sih ngembangin hobi saya, tapi disisi lain, ada tanggungjawab yang juga harus saya lakukan, terutama karena status saya yang sekarang adalah sebagai kepala keluarga. Bingung? Jelas! Trus gimana? Yaa cari dulu deh jawabannya, hehehehe!!

No comments: