Tuesday, January 20, 2009

Antara Barack Obama dan Bob The Builder

Dinihari ini jam 00.15, saya juga termasuk diantara jutaan pasang mata yang menjadi saksi sejarah dilantiknya seorang Presiden baru bagi Amerika Serikat. Ya, tentu teman-teman sudah tidak asing lagi dengan sosok langsing berkulit hitam, dan pernah mengenyam SD di Menteng Jakarta. Barack Husein Obama, akhirnya resmi menjadi Presiden Amerika Serikat ke-44, dan menjadi orang kulit hitam pertama dalam sejarah pemerintahan Amerika, yang menjadi pemimpin negara.

Kalau teman-teman mengikuti proses Obama sejak dia mulai muncul mencalonkan diri, berkampanye, debat sengit, sampai akhirnya terpilih menjadi Presiden Amerika, ada satu hal yang menarik perhatian saya, yaitu slogannya yang berbunyi Yes We Can.

Omong-omong soal slogan ini, saya tiba-tiba teringat dengan sesosok tukang bangunan yang selalu lekat dengan helm proyek dikepalanya, dan punya beberapa kendaraan proyek yang bisa bicara. Memang ini bukan tokoh manusia betulan, ini hanyalah kartun hehehe! (seperti warningnya Space Toon). Lebih tepatnya, sosok animasi tanah liat atau clay yang bernama Bob The Builder.

Terus, apa hubungannya Bob The Builder dan Barack Obama? Pertama, jelas namanya sama-sama berawalan huruf B, hehehe! Kedua, slogan yang dipakai Obama dengan Yes We Can-nya, sama persis dengan slogan si Bob dalam menyelesaikan tugas membangunnya. Tiba-tiba aja terlintas, jangan-jangan Obama dapet ide slogan kampanyenya, gara-gara habis liat film ini bareng sang anak? Wallahualam. Yang jelas, optimisme Obama dalam pidato pelantikannya tadi, menyiratkan sebuah kesamaan dengan Bob The Builder. Bedanya, Bob sudah bertindak dengan karya-karya bangunannya, sedangkan Obama baru akan bertindak.

Can he build a new America as he promised on the inaugural speech? Can he build a new era of better relationship especially with muslim countries? Can he build the economics of America that has fallen in recent years? Can he build new peace for middle east? We are the witness of his action about to be done.

No comments: