Sunday, November 25, 2007

My Old GL Pro

Wheew...nggak kerasa, rupanya udah 11 taun aku ditemani kuda besi kesayanganku, sebuah Honda GL Pro keluaran 1996, dengan mesin yang klaimnya adalah Neo Tech. Padahal sih kalo dibandingin dengan Honda CB keluaran tahun jebot alias taun tua, teknologinya sih sama aja. Bedanya sistem pengapiannya udah pake CDI, alias Capasitor Discharge Ignition. Walah kok teknis banget ya? hehehe!!

Duluuuu banget, 11 taun lalu, pas aku masih wira-wiri pake Hijet 1000 taun 83-ku, ada sesuatu yang ngganjel. Waktu itu karena aku kuliah pagi dan sore, jadinya kudu bolak-balik dari Perak ke Ngagel, dan itu hampir tiap hari. Buntutnya sih udah bisa ditebak, konsumsi duit sangu jelas melorot ke tengki bensin semua. Berhubung dulu belum kerja, sempet protes juga sama ortu, soalnya jatah bulananku disamain dengan adikku yang naiknya cuma sepedamotor. Waktu itu sih rada kejam juga, soalnya aku mengultimatum, kalo uang saku nggak naik, mobil kudu dijual, ganti sepedamotor.

Akhirnya, pilihan terakhir yang diambil, meskipun yaa eman juga sih ortu. Coz ini mobil kesayangan kedua, sesudah Holden taun 62 yang juga udah dilepas itu. Tapi berhubung dirumah juga udah punya Kijang taun 89, akhirnya mereka setuju dan melego mobil tua yang udah nemenin hari-hariku kuliah. Waktu mau beli motor, sempet kesengsem dengan Yamaha RXZ. Seneng aja sih liat motor turing bertampang kayak gitu. Tapi satu lagi jadi pikiran, karena tu motor 2 tak, dan pasti sedotan bensinnya kuat banget, akhirnya aku nggak jadi milih. Habis, aku juga seneng jalan-jalan sih. Jadi kalo pake motor boros kayak gitu, pasti deh jatah jajan juga abis. Pikir punya pikir, pilihan akhirnya jatuh ke GL Pro Neo Tech. Alasannya, dirumah tu generasi Honda yang belum ada tinggal itu. Omku pernah punya GL Max dan Tiger 2000. Apalagi pernah nyoba Pro-nya temen, kok yaa enak gitu.

Akhirnya jadi deh kujatuhkan pilihan ke GL Pro, yang sampai sekarang setia menemani hari-hariku selanjutnya sampai sekarang. Malah dari motor ini, aku juga jadi punya ilmu setel mesin sendiri. Awalnya yaa gara-gara sodaraku beli buku cara merawat sepeda motor 4 tak. Naah pas bagian tentang setel klep, aku langsung praktek ke motorku. Alhamdulillah, karena eksperimen serba nekat itu, aku malah jadi bisa lebih ngirit ongkos servis. Aku baru ke bengkel, kalo memang ada masalah yang aku nggak bisa tangani sendiri. Kenangannya sama motor ini juga banyak. Waktu pertamakali plat nomer dateng, masih belum ada STNK, cuma notice tanda pajak, tu motor langsung aku bawa ke Tretes, hehehe! Makanya begitu istriku ngusulin tu motor dijual dan ganti motor baru, gara-gara udah dianggap terlalu tuwir, dan khawatir banyak ongkos keluar buat perbaikan, jelas kutolak dong!! Istilah orang Cina, ini motor hoki gitu looh!!

No comments: