Saturday, October 27, 2007

Efek Puasa, Apa Coba?



Di tulisan yang lalu, saya sempet nyentil soal bagaimana kalau nantinya kita udah nggak menghadapi bulan Ramadhan lagi. Kalau di bulan suci kemarin, begitu banyak pemandangan orang alim didepan mata, sekarang semuanya sudah lenyap. Semua kerudung dan jilbab yang menghiasi sebagian besar kaum muslimah, hilang berganti seksinya tank top, atau kaos tanpa lengah, dan mulusnya tubuh-tubuh para artis yang diumbar kembali, begitu juga dengan masyarakat yang bukan artis.

Tiap kali bulan Ramadhan datang, selalu ada harapan. Tidak cuma sekedar nilai ibadah bertambah, pahala bertambah, atau mendapat segala keutamaan seperti Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan, dan identik dengan jangka waktu ibadah sampai 1000 bulan, atau sekitar 83 tahun kurang lebih. Harapan-harapan macam itu selalu dikumandangkan, mulai di seantero masjid, di tipi, radio, sampai di pinggir jalan selalu kita dengar ucapan-ucapan itu, dan juga doa-doa yang menyejukkan. Tiap malam, kala larut menjelang, selalu terdengar kumandang tadarus Al Quran, baik yang merdu sampai yang fales. Tapi bagaimanapun, semua itu kedengaran menyejukkan hati, dan terus terang, saya kangen berat dengan kondisi seperti itu.

Bener juga apa yang pernah dikatakan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Andai saja semua bulan seperti bulan Ramadhan....hmmmmm.....bukan perkara bakal nggak ada THR kalo semua bulan jadi Ramadhan sih, tapi suasana ibadahnya itu yang ngangenin. Dan biasanya tiap kali puasa akan berakhir, selalu ada harapan, kontinuitas ibadah akan bisa berlanjut di 11 bulan berikutnya. Sekarang liat aja, bagaimana disekitar kita. Apa iya efek puasa itu masih ada? Jangan-jangan, selain bobot kembali naik karena udah bisa makan segala macem, dosa juga ikut naik lagi.....

3 comments:

Anang said...

efek puasa adalah lapar dan haus dan menahan godaan mas.... tapi efek terbesarnya dapat pahala... hehe..

Anang said...

efek puasa adalah lapar dan haus dan menahan godaan mas.... tapi efek terbesarnya dapat pahala... hehe..

Anang said...

wah... pagi2 gini online... thanks komennya pak yuki... =)