Thursday, August 30, 2007

Double Standard

Ini sih bukan ngomongin jagrak sepedamotor lho! Tapi ini ngomongin soal sebuah standar yang ternyata nggak cuma satu, tapi ada dua, atau bahkan lebih. Dan yang nerapin standar kayak gini nggak cuma di Amerika yang presidennya hobi perang, tapi juga di instansi....yaa kayak di tempat kerjaku ini. Duh kok kayaknya tempatku nyari penghidupan ini kok rasanya nggak ada baek-baeknya se? Ada sih...cuma rasanya kalo kebaikan, katanya nggak boleh diudal-udal hehehe!

Sering aku denger keluhan dari temen-temen sesama staf, perlakuan si manajer nyang ngurusin bagian siaran itu selalu berbeda. Artinya, kalo memang ada prosedur atau standar tentang sesuatu, yang itu seharusnya diikuti, ternyata buat si manajer, itu ndak berlaku. Pun demikian sebaliknya. Jadi kalo hari ini ngomong A, ntar sore atau beberapa menit kemudian bisa berubah jadi B. Dan kalo dijelasin sampek diengkeli, tetep saja gitu. Dan kalo udah ketauan salah, tu pimpinan satu itu dengan segala upaya menutupi kesalahannya, termasuk menimpakannya pada orang laen. Dulu aja aku pernah jadi korban fitnah. Emang sih urusan ngomong Inggris, mau nggak mau kudu diakui, para staf disini ndak begitu lancar, begitu pula saya...jujur neeh!! Tapi karena kemampuan saya paling keliatan terutama kalo nulis berita yang ngambilnya dari situs luar, yaaa kebodohan itu ndak begitu terlihat. Karena itu, 
om manajer ini berkeinginan mengkursuskan beberapa orang, yang dianggep kemampuannya paspasan. Nah, 
waktu itu ada yang tanya, kok dikursusin kenapa? kan bisa tanya 
sama yang lebih pinter. Eeh, dengan cueknya tu manajer mencatut 
namaku yang udah kesohor ini. Katanya abis si Yuki pernah ngomong, 
nggak ada yang mau nanya kalo ada kesulitan. Deeeng...!!! 
Itulah yang bikin aku sakit hati sampe sekarang.

Oke, kembali ke standar ganda itu. Bolak-balik aku melihat, mendengar, dan mengetahui sendiri,
kalo para staf ini jadi jutek dan males kerja, gara-gara si manajer nggak pernah mau mengerti.
Udah dibilangi malah melotot. Kata beberapa temen sih, kalo kita bisa bersikap melayani, artinya yaaa nuruti apapun kemauan si manajer, kita akan aman dan nggak akan dapet masalah, dan itu terbukti dari beberapa temen, yang dengan relanya NGATHOK, NYEMPAK, NYILIT, demi mencari aman. ABS yang sebetulnya diharamkan demi kebaikan, 
ternyata cuma jadi omongan kosong. HIDUP STANDAR GANDA!!!

No comments: