Sunday, December 14, 2008

Horee Bengsin Turun Lagi!!

Sore tadi 14 Desember 2008, pemerintah resmi menurunkan lagi harga BBM yang sempat meroket sampe 6000 Rupiah perliter. Dalam pengumuman yang disampaikan Susilo Bambang Yudhoyono Presiden, dan Sri Mulyani Menteri Keuangan, harga Premium alias bensin alias bengsin, turun untuk kedua kalinya sehingga harganya pada pukul 00 tanggal 15 Desember nanti, resmi menjadi 5000 Rupiah perliter, dari 5500 yang diumumkan 1 Desember lalu. Sementara solar, dari 5500 menjadi 4800.

Senang? Jelas! Begitu pemerintah resmi menetapkan harga, spontan saya berucap Alhamdulillah. Apapun penilaian orang tentang langkah ini, yang penting beban rakyat akibat mahalnya harga BBM bisa lebih berkurang lagi. Selain itu, buat saya pribadi, anggaran beli bensin juga lebih ringan, sehubungan rencana saya untuk berangkat ke Jakarta dengan mobil.

Hitung-hitungan kasarnya jelas udah meringankan. Kalau jarak Surabaya-Jakarta sekitar 1000 kilometer, dan konsumsi bensin mobil saya sekitar 10km/liter, berarti saya butuh 100 liter bensin. Kalau kapasitas tanki bensin mobil saya sekitar 40 liter, butuh setidaknya 2,5 tanki. Kalo dulu pas masih Rp.6000 perliter, berarti untuk sekali jalan butuh Rp.600.000 untuk sekali jalan. Dengan turunnya harga bensin, berarti saya bisa hemat 100.000 sekali jalan.

Memang harga BBM nggak terjamin akan turun lagi, atau tetap seperti sekarang. Tapi yang jelas, ada harapan semoga perekonomian rakyat yang lesu, bisa bergairah lagi. Cuma mungkin bisa lebih diawasi pemakaiannya, karena masih banyak mobil mewah kalangan the have, diisi Premium yang sebetulnya malah ndak layak untuk mesin mobil mereka.

No comments: