Friday, December 14, 2007

Curhat, Keluhan, Rasan-rasan...

Pas tau kalo si Jie, temen sesama bloggerku out (atau lebih tepatnya kicked out kalo versi dia sih, hehehe!) dari tempat kerjanya yang udah jelas-jelas masa depan cerah, aku jadi inget temen-temen di kantor. Belakangan ini ada di berbagai blog yang dibuat temen-temen di kantor, isinya curhat soal kerjaan, keluhan soal sistem kerja, dan rasan-rasan soal bos dan atasan yang ternyata kelakuannya mirip pejabat sekarang, yang kalo kampanye janjinya semanis gula, giliran udah menjabat, ternyata sikapnya jadi sepahit tuba (bukan tuba alat musik lho!)

Memang sih, aku termasuk satu diantara mereka. Tapi sudahlah, lama-lama kok ya jadi males aja ngungkapinnya. Percuma aja kalo cuma sekedar ditulis disini. Memang nanti bisa promosi blog ini ke temen-temen supaya dibaca, dan yang jelas lama-lama pasti akan kebaca juga sama yang diatas sana. Nggak papa juga sih, wong blog itu kan ajang pelampiasan rasa hati. Nah, semua blog temen-temen sekantor yang aku baca (kecuali punya Manda yang isinya makaaaan melulu hehehe!) isinya rata-rata pengen bisa segera hengkang, segera keluar, out right away dari tempat kerja sekarang. Dan ternyata beberapa diantaranya udah mulai pada nyambi, minimal udah mulai pada pasang jaringan diluar sana. It's ok, nggak apa-apa. Asal semua keputusan itu benar-benar udah dipikir mendalam, dan tentu ngikutin hati nurani. Soalnya kalo sebatas ngikutin emosi, jadinya malah resign itu bukan sebuah solusi, tapi hanya sebuah spekulasi. Kalo memang ada sesuatu yang bisa kita manfaatkan dari tempat kerja kita, kenapa nggak? Toh banyak atasan yang juga sering menggunakan nama institusinya, untuk mendapat keuntungan pribadi. Aku sih nggak mau tinggal diam, karena bagaimanapun, bigger box is in front of me, tinggal gimana ngeliatnya aja.

Udah banyak kok atasan-atasan ditempat kerjaku, yang juga memanfaatkan nama besar institusi ini untuk menjalin hubungan, yang kelak memberi keuntungan pribadi. Dan ini makin lama makin kelihatan. Jadi kesan aji mumpung itu sekarang udah bukan barang baru lagi. Aku sih tinggal liat aja kapan bisa masuk ke bigger box itu. Abis kalo mau jadi manajer, nunggu manajernya mampus dulu sih! hehehe! Nah, karena banyak banget yang curhat soal yang sama, rasan-rasan soal yang seragam, apalagi makin lama makin banyak yang hengkang dari tempat kerjaku, berarti there is something wrong within. Kudunya sih kalo HRD-nya tanggap, pasti akan ada evaluasi menyeluruh. Lha ini HRD managernya juga mau minggat, yaa gimana ya? Jadinya ya gini ini, curhat ke sesama teman, kadang lewat blog, atau lewat sarana lain. Mau protes ke atasan, yaa susah juga kalo ternyata selama ini tidak sedikit yang bermuka dua. Kasian juga sih sama temen-temen yang udah sumpek, tapi bingung mau melangkah kemana.

Salut juga sama beberapa temen yang memang udah memutuskan out, karena fokus sama wirausahanya. Itu yang kudu aku coba, karena selama ini semangat udah ada, modal sih insya Allah udah punya, tinggal satu, berani mencoba. Karena seperti kata Purdi Candra, tuh yang punya Primagama Group, kalo mau berwirausaha, jangan mikir terlalu jauh, apalagi belum apa-apa udah mikir kolaps duluan, ya kolaps betul. Yang penting, kalo udah ada semangat, berani mencoba. Nah, itu yang aku masih kudu memupuk keberanian itu. Thanks juga buat temen-temen yang udah out dari sini, karena justru dengan begitu pencerahan dari mereka makin menambah semangatku. Ada beberapa bidang yang udah aku lirik, termasuk musik yang jadi hobiku selama ini. Sayang kan kalo dianggurin? Sekarang tinggal keberanian itu saja....

2 comments:

Unknown said...

salam kenal
blognya bagus :)
saya dapat link blog ini dari blog mas anang
kapan2 baca blog saya juga ya
makasih :)

Manda La Mendol said...

Yuki... yo ngene blogspot. Jadi aku bisa komen. Soal rasan-rasan, wah normal kalau kita punya keinginan kyk gitu. Kalau kamu pengen jadi musisi..aku malah pengen jadi model. Lho !